Rabu, 01 Agustus 2012

Struktur domain

Bagaimana struktur domain name?

Domain name terdiri atas sebuah struktur hierarkis, di mana level tertinggi disebut sebagai Top-Level Domains (TLDs). Saat ini, terdapat lebih dari 200 TLDs yang terdaftar di seluruh dunia. Jumlah ini akan terus bertambah sesuai perkembangan jaman. Namun di antara semua TLDs tersebut, terdapat tiga di antaranya yang paling populer, yaitu ".com", ".net", dan ".org".
Setiap TLDs harus terdaftar secara resmi di lembaga yang memiliki otoritas untuk masalah domain name, yaitu ICANN (Internet Corporation for Assigned Names and Numbers). Setiap negara memiliki TLDs yang berbeda-beda. Sebagai contoh, TLDs untuk Indonesia adalah co.id, Singapura: sg, dan sebagainya. Adapun com, net dan org berlaku internasional, jadi bisa dipakai oleh siapa saja di seluruh dunia.
Level kedua setelah TLDs adalah second level domains (SLDs). Salah satu contohnya adalah ajangkita.com, di mana ajangkita merupakan SLD. Contoh lainnya, yahoo.com, kompas.com, hotmail.com, dan sebagainya.
Level berikutnya adalah domain level ketiga, keempat, kelima, dan seterusnya. Sebagai contoh adalah www.ajangkita.com, di mana www adalah domain level ketiga.
Domain level ketiga dan seterusnya dibuat oleh pemilik SLD, bukan oleh ICANN.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar